USBN 2018

Dari tanggal 19-27 Maret 2018, SMK Negeri 1 Tangerang menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau sering disebut USBN. Yang membédakan USBN di SMKN 1 Tangerang dengan 127 SMK lain di kota Tangerang adalah média yang digunakan. Mayoritas sekolah masih menggunakan kertas, sedangkan SMKN 1 Tangerang menggunakan komputer berbasis aplikasi Moodle. Sejauh pemantauan kami, hanya ada 2 SMK di kota Tangerang yang menyelenggarakan USBN menggunakan cara ini, yaitu SMKN 1 Tangerang dan SMK PGRI 1 Tangerang.

Walau pun menggunakan komputer dan situs webnya pun bisa diaksés dari internét, tapi soal-soal hanya bisa dikerjakan dari 7 lab komputer. Di dalam lab-lab komputer ini telah tersedia PC maupun laptop yang terhubung ke sebuah sérver menggunakan kabel (wired). Di dalam PC atau laptop telah terpasang aplikasi khusus sehingga peserta ujian tidak bisa menjalankan aplikasi lain atau membuka tab browser baru. Bahkan kombinasi tombol seperti Alt + Tab dan Ctrl + Alt + Del pun dimatikan. Lapisan pengaman ke-3 adalah timing dan password. Peserta ujian hanya bisa mengerjakan soal bila waktunya telah tiba, dan soal ditutup otomatis bila waktunya telah habis. Selain itu, setiap soal pun dipasangi password berbéda, yang hanya disebutkan oléh pengawas sesaat sebelum ujian dimulai.

Sengaja SMK Negeri 1 Tangerang tidak mengizinkan penggunaan HP sebagai média ujian, karena dikhawatirkan peserta ujian bisa meminimize aplikasi USBN lalu siswa browsing ke Google menggunakan pakét data. Lagi pula layar HP terlalu kecil yang membuat pengawas ujian kesulitan memantau apa yang sedang dilihat oléh peserta ujian.

Hasil PPDB hanya diumumkan di web PPDB Prov Banten mulai tanggal 2 Juli jam 16::00 wib.
+